Kamus Istilah dan Pengertian di Bisnis Usaha MLM

Jumat, 23 Agustus 2013

Sepanjang perjalanan bergabung dan menjadi member di bisnis mlm / multi level marketing sungguh menjadi perjalanan yang sangat asyik untuk di explorasi baik dalam keadaan suka maupun keadaan dukanya.

Sukanya sudah pasti dapat dirasakan saat berkumpul dan kompak bersama sesama member, mendapat pelanggan pembeli produk yang kita jual, berhasil meyakinkan prospek dan mensponsorinya, dan sudah jelas saat mendapatkan bonus hasil dari perjuangan. Sedangkan dukanya saat mendapati pelanggan tetap produk kita beralih produk lain atau membeli produk yang biasa kita jual namun dapat harga miring, tidak mendapat bonus karena tidak bisa tutup poin, dan lain sebagainya.

kamus istilah bisnis mlm
Namun dari jalan semua itulah yang bisa membuat kita mendapatkan diri seperti sekarang ini, selain masih melakoni usaha MLM juga memiliki dua usaha konvensional yang cukup berkembang. Salah satunya usaha konvensional di bidang Reklame dan Advertising.

Dalam bisnis mlm ini terdapat banyak istilah yang berbeda dari bisnis konvensional, para member sebaiknya wajib tahu dan paham akan arti istilah dalam mlm tersebut. Mungkin bagi yang baru berminat bergabung di bisnis mlm akan lebih baik paham sebelum memutuskan bergabung di bisnis ini seperti mlm yang diselenggaran oleh PT. Gense Indonesia. Kamus istilah bahasa mlm tersebut antara lain sebagai berikut :

Direct selling (Penjualan langsung)
Metode penjualan langsung barang dan jasa tertentu kepada konsumen, oleh jaringan internal tertentu kepada konsumen. Penjualan dilakukan diluar lokasi eceran tetap (bukan ditoko atau supermarket). Direct selling terbagi dua, yakni singel level dan multi level marketing.

MLM (Multi level marketing)
kependekan dari multi level marketing, yakni sistem penjualan produk dengan sistem hirarki (lebih dari satu tingkat) Biasanya penjualan melalui sebuah group distributor independen yang memanfaatkan member mendapat komisi serta bonus penjualan yang dilakukannya sendiri serta dari jaringan dan kelompoknya. 

SLM (Singel level marketing)
Kependekan dari singel level marketing, yakni sistem penjualan langsung melalui program pemasaran satu tingkat, dimana member mendapatkan komisi dan bonus dari penjualan yang dilakukannya sendiri (tanpa memperhitungkan downline). 

APLI
Kependekan dari assosiasi penjualan langsung Indonesia, yakni organisasi yang menaungi perusahaan penjualan langsung di negeri ini. 

Up line
Member yang melakukan perekrutan atau mensponsori member lainnya, dimana peringkat upline berada diatas downline. Upline akan mendapatkan bagian keuntungan dari member yang ada dibawahya. 

Down line
Member yang masuk atas rekrutan, anjuran, atau disponsori member lainnya (upline), dan berada dibawah upline dalam hirarki sistem MLM. Member bisnis MLM pertama kali akan menjadi downline, setelah berhasil merekrut anggota baru dibawahnya, maka member ini akan menjadi upline bagi anggota baru tersebut. Walaupun telah merekrut anggota baru, member akan tetap menjadi downline bagi perekrutnya atau uplinenya.

Leader
Member perseorangan dengan peringkat tertentu yang membawahi lebih banyak downline, member akan menjadi leader dari kelompoknya.

Distributor
Member perseorangan atau organisasi yang sudah memenuhi syarat keanggotaan serta membwahi sejumlah leader.

Stokis (Stockist)
Distributor yang telah memenuhi syarat dan disetujui oleh perusahaan DS/MLM untuk melayani penjualan produk kepada member lain.

Rekrut
Istilah untuk upline / distributor yang melakukan perekrutan member baru, sehingga mereka mendapatkan bonus sesuai marketing plan perusahaan.

Sponsor
Membantu untuk mendapatkan downline ke dalam jaringan

Marketing plan
Sering disebut juga sebagai bisnis plan, yakni hirarki sistem perhitungan bonus.

Starter Kit
sering disebut juga sebagai starter pack atau distributor kit. Ini merupakan alat bantu pemasaran yang diberikan perusahaan DS/MLM kepada member untuk mengembangkan jaringan.


Untuk saat ini saya rasa cukup sampai disini dulu penjelasan dari kami mengenai kamus istilah dan pengertian di bisnis mlm / multi level marketing ini. Segera akan kita sambung pada tulisan yang akan datang agar kita bisa lebih paham akan bisnis mlm.