Pilih jadi Leader atau Sekedar Distributor? Di Dunia MLM

Selasa, 20 Agustus 2013


Di dalam dunia Bisnis Jaringan, istilah "leader" adalah istilah yang umum dipakai. Biasanya istilah ini diberikan pada distributor dengan peringkat tertentu yang sudah dianggap mandiri atau berhasil. Tetapi apakah yang sebetulnya membedakan antara leader dan distributor sebenarnya? Toh kedua-duanya ya ... distributor.

Mungkin ilustrasi di bawah ini bisa memberikan pemahaman yang lebih tepat.

Sebuah perusahaan MLM baru berdiri. Walaupun di belakangnya ada nama besar pemiliknya yang sudah mendunia, perusahaan ini harus memulai dari nol seperti perusahaan lain. Kondisi yang terjadi: jumlah produk terbatas (sebagian besar masih dalam proses registrasi), pendaftaran member yang membludak membuat sistem komputer terganggu, dan lain-lain gangguan seperti umumnya perusahaan yang baru.

Ada dua orang member. Sebut saja si A dan si B.

Menghadapi situasi ini, mereka punya perasaan atau pikiran yang berbeda:

Si A merasa:

  • Jengkel karena pendaftaran member groupnya tidak selesai-selesai. Dia takut karena teman-temannya mungkin akan marah atau ngomel.
  • Frustrasi dalam menawarkan produknya karena masih sedikit sehingga tidak banyak pilihan bagi customernya.
  • Bingung karena kurangnya pertemuan-pertemuan luar kota yang bisa mendukung bisnisnya
  • Kesulitan karena alat bantu bisnis belum ada sama sekali.
Sedangkan Si B merasa:
  • Senang sekali karena pendaftaran yang membludak - walaupun melumpuhkan sistem yang ada - membuktikan bisnisnya jalan. Dia menjadi tidak sabar untuk menceritakan ke semua temannya mengenai bisnis bagus ini.
  • Lebih fokus dengan produk yang masih terbatas sehingga penjelasan bisa lebih detail ke konsumen.
  • Sebuah peluang besar bahwa di banyak kota masih belum ada member dan pertemuannya
  • Bisa lebih kreatif dengan keterbatasa alat bantu bisnis yang ada. Segala cara, yang halal tentunya, dia lakukan. Banyak cara yang belum pernah dicoba sebelumnya, mulai dia praktekkan. Dan hasilnya menggembirakan ...

Kira-kira menurut Anda, mana yang berhak menyandang gelar "leader"? Anda betul. Si B lah yang layak disebut sebagai "leader"

Lalu apa yang membedakan mereka? Jawabannya adalah: pola pikir. Ya pola pikir-lah yang membedakan antara leader dan distributor ketika menghadapi situasi sulit.

Tetapi ingat, ini bukan berarti seorang leader adalah orang yang pasrah saja dengan kondisi sulit. Tidak. Bukan seperti itu. Seorang leader ketika menghadapi situasi sulit akan menyesuaikan paradigma berpikirnya dan mencari solusi serta memberikan saran (bukan kritik!) yang konstruktif. Dalam kasus di atas Si A mungkin akan ngomel dan marah-marah ke perusahaan tetapi tanpa solusi sama sekali. Sebaliknya si B memahami situasi dan memberikan solusi dan saran-saran perbaikan. 

Apakah Anda seorang leader?

Tertarik dengan bisnis MLM?