Mengenal Lebih Dalam Kamus Istilah Bisnis MLM

Jumat, 23 Agustus 2013

Melanjutkan artikel sebelumnya yang kita bahas mengenai istilah dalam kamus mlm / multi level marketing, sudah tentu akan sangat lebih mengasyikan jika kita bisa lebih tahu dengan memahami akan bisnis mlm tersebut. Baik saat ini kita sudah menjadi member atau masih berniat karena pikir-pikir terlebih dahulu.

Karena sebagian besar istilah ini masuk dalam pembahasan atau sebagai istilah yang ada pada bisnis / marketing plan, dan sebagiannya sebagai istilah untuk produk dan pendukung pelengkap pada bisnis mlm. Baiklah selanjutnya kita coba menyampaikan dan mengartikan beberapa istilah dalam bisnis mlm lanjutan seperti di bawah ini :


kamus istilah mlm lanjutan

Komisi
Sejumlah nominal yang diberikan kepada member (distributor/up line) yang berhasil menjual produk kepada member downline atau pihak lain yang bukan member. Komisi dihitung sebagai jasa distribusi yang dilakukan member (distributor/upline)

Insentif
Disebut juga reward. Merupakan hasil jerih payah member karena berhasil menjual produk kepada member lainnya atau pihak yang bukan  termasuk member. 

Bonus
Manfaat meteriil yang diberikan kepada member atas kerja keras menerapkan sistem marketing plan perusahaan. Bonus bisa berupa uang tunai maupun non tunai, seperti produk, kendaraan, rumah, hingga travelling keluar negeri.

Rabat /diskon
Potongan harga yang didapatkan distributor dengan cara pengembalian sejumlah uang yang telah dibayarkan untuk pembelian produk dalam bulan yang bersangkutan.
Money Game
Suatu permainan yang menggunakan skema atau aturan main untuk mengatur aliran uang. Sehingga seolah-olah menguntungkan. Padahal tidak.

Peringkat
Menunjukan prosentase bonus yang diperoleh member setelah berhasil melampaui sejumlah syarat, bila tidak terpenuhi, member tidak naik peringkat atau bahkan BLP.
(Break level poin )
Terjadi bila peringkat riil up line sama dengan downline. Sebab downline memenuhi syarat jumlah transaksi peringkat, seperti yang dipegang upline. Atau selisih bonus upline dan downline sebesar 0%. 

Passive Income
Pemasukan (income) yang diperoleh secara berkala dengan kerja secara pasif. 

Tutup Poin
Istilah yang digunakan untuk belanja dengan nilai minimal tertentu sesuai peringkat member. Tutup poin sering dianggap sebagai "belanja paksaan" agar member mencapai syarat yang ditentukan demi mendapatkan bonus tertentu.

Point value (PV)
Istilah yang digunakan untuk satuan nilai yang diberikan kepada setiap produk. Nantinya poin tersebut akan digunakan untuk menentukan peringkat member, serta jumlah besaran diskon.
Home Meeting
Disebut juga home sharing, yakni pertemuan grup yang dilakukan dirumah salah satu member atau tempat tertentu berkapasitas kecil. 

Konvensi
Pertemuan group yang dihadiri oleh hampir seluruh member. Dilakukan pada tempat yang berdaya tampung besar.

Baiklah, selain pada artikel sebelumnya, dan ditambah dengan artikel yang dapat kami sampaikan di posting kali ini kiranya sudah cukup dapat menambah pengetahuan dan wawasan kita. Istilah lainnya untuk kamus bisnis MLM / Multi level marketing ini akan kami sampaikan dan perjelas pada artikel-artikel selanjutnya.

Setelah mengetahui beberapa istilah yang ada, dan pengetahuan akan bisnis MLM pada artikel yang sudah kami bahas, rasanya rekan-rekan sudah mengerti dan cukup paham pada sistem yang ada di bisnis MLM, yang mana kesuksesan tidak datang dengan sendirinya, sangat sulit untuk bisa sukses secara instan. Sama dengan bisnis lainnya sukses itu butuh waktu dan kerja keras yang berkesinambungan.