Marketing Plan

MARKETING PLAN GENSEI


Marketing Plan GENSEI dirancang untuk jangka panjang ; berbasiskan pada jual-beli produk riil.

DASAR PEMIKIRAN

PT. GENSE INDONESIA (Gensei) dibangun dengan tujuan untuk mewadahi para pelaku bisnis MLM yang memiliki pemahaman universal bahwa keuntungan suatu bisnis hanya dimungkinkan jika adanya jual beli produk/jasa.
Setiap orang akan memahami perbedaan yang dimiliki oleh Gensei setelah mereka benar-benar memahami sistem pembagian keuntungan yang berlaku dalam marketing plan Gensei.


Visi

Menjadikan Gensei sebagai pilihan prioritas bagi mereka yang sudah memahami seluk-beluk bisnis MLM.

Misi

  • Menjadikan MLM sebagai sebuah media bisnis yang sekaligus bisa dijadikan salah satu wadah untuk menjalin dan mempererat persaudaraan.
  • Menjadikan MLM sebagai suatu wadah bisnis yang bisa diandalkan untuk memberikan nilai ekonomi tambahan kepada para pelakunya.
  • Menjadikan MLM sebagai sebuah wadah bisnis yang transfaran dalam sistem pembagian keuntungannya.


Uraian Misi:

  • Dewasa ini begitu banyak bisnis MLM yang secara sadar atau tidak sadar, yang disengaja ataupun yang tidak disengaja, menggunakan Marketing Plan yang bisa menyebabkan terjadinya perpecahan persaudaraan. Salah satu sistem yang digunakan adalah hukum keseimbangan omzet atau hukum keseimbangan kaki, atau hukum keseimbangan jalur. Hukum ini menimbulkan suatu kondisi yang sering disebut dengan "sindroma kaki gajah". Jika seorang mitra memiliki satu jalur yang bertumbuh besar dan terlalu pesat dan menyebabkan jalur omzet menjadi tidak seimbang (ini yang disebut dengan sindroma kaki gajah), maka hal ini akan sangat mempengaruhi besaran bonus yang akan diraih. Semakin tidak seimbang jalur yang dimiliki, maka akan semakin mengecil bonus yang bisa diraih. Kondisi ini akan menggiring kita kepada satu pemikiran bahwa jalur besar tersebut adalah sebuah "ancaman", ancaman yang bisa menyebabkan kecilnya bonus, sementara omzet yang masuk ke perusahaan semakin besar. Perusahaan menggunakan standar ganda: kepada para mitranya mengatakan "anti piramida" sedangkan perusahaan sendiri mengambil keuntungan sebagai pusat titik piramida yang paling puncak. Konsep hukum keseimbangan ini pada akhirnya akan menimbulkan perpecahan antara mitra dan menimbulkan ketidak adilan. Konsep lain yang seringkali menimbulkan permasalahan adalah side volume. Jika komposisi omzet sudah relative seimbang, setiap mitra tetap diwajibkan untuk membangun jalur lain hingga mencapai jumlah omzet tertentu.
    Tugas membangun bisnis MLM tersebut akan semakin menyita waktu, utamanya waktu untuk keluarga, mana kala kita dihadapkan kepada kondisi omzet yang tidak seimbang ditambah dengan kewajiban untuk memiliki side volume. Dua konsep tersebut sudah sangat cukup untuk membuat umumnya mitra MLM masuk kedalam satu jebakan lingkaran "kerja keras" yang tidak ada hentinya.
  • Banyak bisnis MLM yang menerapkan sistem pendidikan/training dan sistem pembagian hasil (marketing plan) yang mendorong para mitranya untuk menjadi konsumsif, royal, dan terdorong untuk "pamer kekayaan". Penerapan paradigma seperti itu menjadi boomerang yang memberatkan para mitra dari sisi psikologis dan ekonomi.
  • Sesuai dengan aturan pemerintah, payout standar yang diberikan kepada mitra adalah maksimal 40% dari keuntungan. Payout ini biasanya dibagikan secara tersebar dalam berbagai macam jenis bonus dengan syarat-syarat tertentu. Ketika banyak mitra yang belum mencapai syarat-syarat tersebut, maka secara matematis akan tersisa bonus yang belum terbagikan. Yang menjadi pertanyaana adalah berapa besaran dari sisa bonus tersebut? Kemana sisa bonus tersebut didistribusikan? Transfaransi dalam hal ini seringkali tidak ada dalam umumnya bisnis MLM.

KARAKTER MARKETING PLAN GENSEI

  • Tidak menggunakan hukum keseimbangan omzet, kaki atau jalur sehingga tidak akan menimbulkan terjadinya sindroma "kaki gajah"
  • Tidak menggunakan side-volume sehingga konsep kerja keras bersifat sementara.
  • Omzet merupakan patokan utama yang bisa menentukan besaran bonus yang diraih oleh seorang mitra.
  • Sistem pembagian hasil transfaran, dan sisa bonus yang belum terbagikan tetap dibagikan dalam bentuk special bonus. Dengan kata lain pembagian bonus ini begitu transfaran dan Gensei tidak memiliki alasan untuk memanipuasi sistem karena sisa bonus dibagi habis.

JENIS BONUS

1Keuntungan Langsung�20%
2Personal Sales Bonus Dari pengembangan Group14%
3Bonus selisih persentase (overriding)
4Personal Sales bonus Dari Pengembangan Manager17%
5Bonus Pengembangan Generasi37%
6Bonus Unilevel : Alternatif BPG37%
7Bonus Generasi sponsoring30%
8Bonus Diamond Director8%
9Bonus Share Nasional2%
10Insentif Trip LN/Religi2%
TOTAL :96%
11Special Bonus (Diambil dari sisa bonus yang belum terbagikan)
  • Bonus Komposisi Omzet
  • Bonus Sponsoring

URAIAN BONUS

  • Keuntungan langsung : merupakan satu keuntung yang akan didapatkan oleh mitra yang melakukan penjualan kepada konsumen atau end user.
  • Personal Sales Bonus dari Pengembangan group merupakan bonus yang akan diperoleh dan besaran bonus ini ditentukan oleh pembelian pribadi dan kelompok:
    Jika seorang mitra telah memiliki akumulasi PV, baik oleh sendiri atau dengan groupnya , mini 50 PV, maka yang bersangkutan akan memiliki peringkat sebagai seorang Executive. Jika seorang executive melakukan pembelian pada periode tertentu misal 200 PV, maka yang bersangkutan akan mendapatkan personal sales dari pengembangan group dengan perhitungan sebagai berikut:
    200 PV x 6% x Rp 2.000 = Rp 24.000
    (PV x % x BV). BV, atau business value, dari semua produk yang dijual oleh Gensei adalah Rp. 2.000
    Tidak ada alasan bagi gensei untuk memanipulasi sistem dan mempersulit sistem peraihan bonus atau prestasi karena bonus yang belum terbagikan akan tetap dibagikan kepada para mitra dalam bentuk special bonus.
    Syarat untuk mendapatkan personal sales bonus ini adalah pembelanjaan anda minimal 50PV pada periode tertentu.
  • Selisih persentase (overriding): Bonus ini akan diperoleh jika antara anda dan grup yang ada di bawah anda terdapat selisih persentase personal sales. Selisih ini bisa terjadi dikarenakan adanya perbedaan peringkat dan perbedaan pembelian.
    Seperti terlihat dalam contoh :
    • Anda (Manager) melakukan pembelian produk 200 PV, maka persentase personal sales anda adalah 14%.
    • Mitra anda AM melakukan pembelian 200 PV dengan persentase personal sales 10%.
    • Maka dari contoh tersebut anda akan mendapatkan selisih persetntase 4%. Dan bonus over riding yang akan anda dapatkan adalah 200 PV x 4% x Rp 2.000 = Rp 16.000. Dan anda akan mendapatkan bonus overriding ini dari jalur-jalur yang lainnya yang ada di bawah anda, tanpa mengenal batas level, selama terjadi adanya selisih persentase tersebut.
    Dalam contoh di atas, anda memiliki seeorang mitra yang sudah berposisi Ruby (R). Tetapi pembelanjaan yang dilakukannya adalah 100 PV, maka posisi persentase Ruby tersebut adalah 13%, sedangkan anda memiliki posisi persentase 14%, jadi anda masih mendapatkan selisih persentase. Jadi selisih persentase tidak berhenti hanya karena mitra anda di bawah memiliki posisi yang lebih tinggi dari anda, tetapi ditentukan oleh besaran pembelanjaan pribadi mitra anda tersebut.
    Jika mitra-mitra anda di bawah sudah sama posisinya dengan anda atau lebih tinggi, dan melakukan pembelian produk =200 PV, maka selisih persentase tersebut tidak akan ada dan anda tidak akan mendapatkan bonus over riding, tetapi anda akan mendapatkan peluang untuk mendapatkan Bonus Pengembangan Generasi dengan total perentase yang lebih besar.
  • Personal Sales Bonus dari Pengembangan Manager
    • Jika anda memiliki minimal 2 orang mitra langsung yang berperingkat Manager, maka anda akan naik ke peringkat Ruby Manager.
    • Jika anda memiliki minimal 4 orang mitra langsung yang berperingkat Manager, maka anda akan naik ke peringkat Emerald.
    • Jika anda memiliki minial 6 orang mitra langsung yang berperingkat Manager, maka anda akan naik ke peringkat Diamond Director.
    • Besaran personal Bonus yang akan anda raih tergantung dari dua hal utama yaitu peringkat anda dan jumlah pembelanjaan (PV) pada periode tertentu. Hal tersebut bisa anda lihat dalam gambar di bawah:
  • Bonus Pengembangan Generasi: Yang disebut dengan generasi adalah mitra langsung atau pun mitra tidak langsung yang sudah minimal mencapai peringkat Assistant Manager (AM).

    • Jika anda seorang AM dan melakukan pembelian produk 50-99 PV pada periode tertentu, dan anda sudah memiliki mitra di bawah anda yang minimal sudah berperingkat AM, maka anda akan mendapatkan bonus pengembangan generasi hingga 6 generasi dengan persentase G-1= 3%, G-1=2%, G-3=2%, G-4=
    • Bonus Pengembangan Generasi ini sebagian diberikan dalam bentuk subsidi training (kotak warna merah). Jika anda sebagai seorang Assistant Manager dan group nya telah berkembang sampai 6 generasi, maka anda akan mendapatkan subsidi training dari perhitungan bonus pengembangan generasi 3 sampai generasi 6. Subsidi training ini hanya akan diberikan jika anda telah diundang oleh perusahaan untuk mengikuti rangkaian training yang telah dipersiapkan oleh perusahaan.


  • Bonus Unilevel (sebagai alternative dari bonus Pengembangan generasi): Jika pembelanjaan anda pada periode tertentu =200 PV, maka sistem akan menghitung bonus Unilevel anda. Bonus Unilevel anda nantinya akan dibandingkan dengan bonus pengembangan generasi, dan perusahaan akan memberikan salah satu yang terbesar.

    Syarat untuk mendapatkan bonus Unilevel:
    • Pembelian pribadi pada periode tertentu =200 PV, dan tidak mengenal posisi. Sistem akan mencari ke bawah siapa saja mitra anda yang melakukan pembelanjaan =200. Perhitungan bonus Unilevel ini bersipat kompres.
    • Walaupun anda baru bergabung tetapi mitra anda sudah berkembang sampai 8 level atau lebih, anda tetap memiliki peluang yang sama yaitu bisa mendapatkan bonus ini sampai 8 level ke bawah.
    Contoh perhitungan bonus Unilevel:

    Dari contoh diatas bisa dilihat bahwa bonus Unilevel ini tidak mengenal posisi. Walaupun peringkat anda misalnya Manager, tetapi anda memiliki mitra yang berperingkat Diamond, anda tetap memiliki peluang untuk meraih bonus Unilevel yang signifikan.
  • Bonus Generasi sponsoring : Jika mitra yang anda sonsori secara langsung ataupun tidak langsung, sampai generasi ke 6, mendapatkan bonus, maka anda yang minimal sudah berperingkat Assistant Manager memiliki peluang untuk mendapatkan bonus generasi sponsoring dengan perincian persentase seperti terlihat dalam bagan di bawah.
    Syarat untuk mendapatkan bonus ini : pembelian pribadi pada periode tertentu =200 PV
    Contoh perhitungan bonus Generasi sponsoring
    Jika anda seorang Manager yang melakukan pembelian minimal 200 PV, dan mitra anda di level satu meraih bonus Rp 5.000.000, maka anda akan mendapatkan bonus generasi sponsor 4% dari level 1. Dan di bawah anda ada seorang Diamond yang meeraih bonus Rp 20.000.000, maka anda akan mendapatkan bonus generasi sponsoring 4%, dan seterusnya.
    Bonus generasi level sponsoring ini bersifat kompres. Jika mitra anda di level 6 tidak ada yang mendapatkan bonus, tetapi level 7 mendapatkan bonus, maka level 7 akan naik menjadi level 6.
  • Bonus Diamond Director: Bonus ini akan mulai diberikan kepada Diamond yang memiliki minimal 3 group dengan masing-masing omzet mnimal 10.000 PV/bulan.
    • Jika anda memiliki 3 group min @10.000 PGPV/bulan, maka anda disebut sebagai Diamond 3 star. Perusahaan akan mengeluarkan 2% dari omzet Nasional dan akan dibagikan kepada seluruh Diamond 3 star.
    • Jika anda memiliki 4 group min @10.000 PGPV/bulan, maka anda disebut sebagai Diamond 3 star. Perusahaan akan mengeluarkan lagi 2% dari omzet nasional dan akan dibagikan kepada seluruh Diamond 4 Star. Jadi seorang Diamond 4 star akan mendapatkan total 4%.
    • Jika anda memiliki 5 group min @10.000 PGPV/bulan, maka anda disebut sebagai Diamond 5 star. Perusahaan akan mengeluarkan lagi 2% dari omzet nasional dan akan dibagikan kepada seluruh Diamond 5 star. Jadi seorang Diamond 5 star akan mendapatkan total 6%.
    • Jika anda memiliki 6 group min @10.000 PGPV/bulan, maka anda disebut sebagai Diamond 6 star. Perusahaan akan mengeluarkan lagi 2% dari omzet nasional dan akan dibagikan kepada seluruh Diamond 6 star. Jadi seorang Diamond 6 star akan mendapatkan total 8%.
  • Bonus share Nasional
  • Bonus ini bisa diraih oleh semua peringkat yang melakukan pembelanjaan pada satu periode tertentu minimal 500 PV. Pembelanjaan minimal 500 PV akan menghasilkan 1 share dan berlaku kelipatan.
    Perusahaan akan mengeluaarkan 2% dari PV Nasional untuk bonus Share nasional ini dengan rumus: PV Nasional X 2% X Rp 2000 : Total Share.
  • Insentif LN/Religi
    Setiap bulan perusahaan akan mengeluarkan 2% dari omzet nasional dan akan dibagikan (diakumulasikan sampai mencapai jumlah tertentu) kepada mereka yang minimal berperingkat Ruby yang melakukan pembelian pribadi minimal 200 PV/bulan.
  • Special bonus. Maksimal payout dari perusahaan untuk para mitranya adalah 94%. Payout ini tentu saja tidak akan terbagikan secara keseluruhan disebabkan oleh syarat-syarat yang belum terpenuhi. Gensei tetap akan membagikan sisa bonus yang belum terbagikan itu dalam bentuk special bonus.
    Special bonus ini dibagi ke dalam dua bagian :
    • Bonus Komposisi Omzet (60%). Misal sisa bonus yang belum terbagikan pada periode tertentu adalah Rp. 60.000.000, maka 60% x Rp. 60.000.000= Rp. 36.000.000 akan dibagikan dalam bentuk bonus komposisi Omzet dengan perhitungan sebagai berikut :

      Jika anda hanya memiliki satu jalur dan memiliki PGPV min 15.000 pada periode tertentu, dan anda pribadi melakukan pembelian min 200 PV, maka anda akan mendapatkan bagian dari bonus komposisi omzet yang dikeluarkan oleh perusahaan sebesar 3% x Rp 36.000.000 =Rp 1.080.000 (dibagikan kepada merata kepada yang berhak.
      Jika anda memiliki minimal 2 legs dengan komposisi seperti tertera dalam bagan di bawah, maka anda akan mendapatkan jatah bonus komposisi omzet dengan persentase yang terurai dalam bagan di bawah:
    • Bonus sponsoring : 40 % dari sisa bonus yang belum terbagikan akan dibagikan dalam bentuk bonus sponsoring. Bagi anda yang melakukan sponsoring dan mitra yang disponsori melakukan pembelian produk minimal 50 PV pada periode yang sama disaat yang bersangkutan mendaftarkan diri di gensei, maka sponsor berhak mendapatkan bonus sponsoring. Syarat pembelanjaan pribadi minimal 200 PV pada satu periode yang sama.
      Misal jatah bonus sponsoring dari sisa bonus periode ini adalah Rp. 24.000.000. Dan dalam periode ini terjadi

      Bonus special ini merupakan wujud Gensei sebagai :
      • Perusahaan yang tidak memanipulasi sistem dan mencari keuntungan dari sisa bonus yang belum terbagikan kepada para mitranya. Hal inilah yang menjadi pembeda utama antara Gensei dengan umumnya bisnis MLM manapun.
      • Perusahaan yang transfaran karena jumlah bonus yang terbayarkan dan sisa bonus yang belum terbayarkan akan diumumkan setiap bulannya dalam website dan bisa diketahui oleh seluruh mitra.