Minggu, 25 Agustus 2013

Tips promosi produk dan sistem bisnis mlm

Memang benar ada yang bisa sukses mencetak penghasilan yang besar melalui bisnis yang bersistem mlm / multi level marketing, namun di artikel ini saya hanya mencoba berbagi pengetahuan bagaimana mencetak penghasilan di bisnis mlm. Jumlah penghasilan yang di cetak itu relatif dan tergantung pada skill dan kerja keras anda tentunya.

promosi bisnis mlm
Mengenal bisnis mlm dari seorang kakak ipar yang menawarkan nutrisi untuk pertumbuhan anak, karena menganggap itu bisnis ipar saya memutuskan untuk membeli produk tanpa bergabung menjadi member mlm tersebut. Pada penggunaan produk ternyata membawa hasil yang sangat baik bagi pertumbuhan anak. saat itu anak saya sudah menggunakan produk mlm sekitar 3 tahun, dan saya belum memutuskan bergabung menjadi membernya. Maaf, karena saya  memang memiliki usaha sendiri dan merasa sibuk serta cukup aman dalam ekonomi.

Selain anak, istri saya juga menggunakan sebagian produk dari mlm untuk kebutuhan rumah tangga. Hal inilah yang akhirnya membuka pemikiran untuk mencoba menjadi member dengan bergabung di salah satu perusahaan yang bersistem mlm / multi level marketing. Selain dari pengaruh dan terinspirasi melihat kakak ipar saya yang bisa membangun ekonomi keluarganya dari beberapa bisnis mlm yang digelutinya.

Merasa cukup berhasil menjalankan bisnis mlm dikarenakan bisa mendapatkan bonus jaringan setelah beberapa bulan, walau sebelumnya saya hanya mendapatkan keuntungan menjual produk melalui referensi kepada teman-teman saya. Seperti awal kisah saya, saya bukanlah orang yang bombastis dalam menjalankannya. Untuk itu, ijinkan saya berbagi pengetahuan bagaimana sih berpromosi produk dan sistem bisnis plan multi level marketing itu.

1. Jadikan diri anda icon promosi produk.
Inilah yang saya lakukan, mencoba produk untuk diri sendiri terlebih dahulu. Khususnya untuk produk yang memang menjadi kebutuhan saya, memang sedikit lebih mahal menggantikan produk yang sebelumnya saya pakai. Namun dengan kualitas lebih baik dan sudah tentu ada bisnis saya disitu.
Setelah merasakan produk memang baik dan memiliki kualitas baik, saya mencoba mereferensikannya kepada teman teman saya. Sudah tentu diri saya menjadi contoh iconnya, selain brosur yang memang menjelaskannya secara lebih detail. Dari kegiatan yang saya lakukan melalui referensi ini saya bisa mendapatkan keuntungan penjualan langsung dan beberapa rekan yang tertarik ikut menjadi member.

2. Memperkuat persahabatan dan perbanyak teman.
Ini yang luar biasa berkesan dari bisnis yang banyak dianggap sepele oleh sebagian orang, melalui bisnis ini saya jadi lebih sering menjalin komunikasi dengan teman, dan melalui bisnis ini teman dari rekan saya juga menjadi teman saya. Suatu saat kami membuat pertemuan dengan rapat kecil yang mana kami memutuskan juga mengundang beberapa prospek bisnis mlm kami. Itupun diadakan dirumah seorang rekan saya sebagai downline. Pertemuan itu kami adakan saat hari libur kerja yang juga kami anggap sebagai silaturahmi dan liburan keluarga. Namun pada kenyataannya di pertemuan tersebut kami bukan hanya berbisnis mlm, tetapi juga menekukan relasi potensial untuk bisnis kami. Mungkin benar kata pepatah bahwa banyak teman itu banyak itu banyak rejeki.
Pada pertemuan seperti ini walau sederhana kami dapat membangun jaringan dan menjual beberapa produk. Mungkin pas didukung oleh yang datang adalah orang yang optimis bukan yang pesimis apalagi skeptik.

3. Wajib menganggap semua orang pandai dan terhormat.
Karena tujuan kita berbisnis dengan orang yang pandai, maka kita akan lebih mempersiapkan diri    baik fisik maupun mental. mengetahui dan siap kapan harus mendengarkan dan harus menjawab pertanyaan. mempersiapkan peralatan bisnis seperti brosur, kartu nama, dan video player yang dijadikan referensi. Membuat presentasi yang singkat tapi mudah untuk dimengerti.
Jelasnya karena kita akan berbisnis dengan orang yang pintar dan terhormat, itu membuat kita akan mempersiapkan promosi kita dengan baik.

4. Menghargai dan menjaga kehormatan bisnis itu penting
Wajib menghargai dan menjaga kehormatan bisnis mlm anda, baik dari produk maupun sistem bisnisnya. Kalau kita menghargai bisnis mlm kita, maka orang lain juga akan melakukan hal yang sama. Contoh : Menjual produk dan mengajak bergabung tidak dengan cara yang memaksa, menyampaikan sistem bisnis dan khasiat produk dengan adanya tanpa melebih lebihkan, atau atau memberikan trik trik yang curang dalam menjalankan bisnis, dan lain sebagainya.
Tapi mulailah dengan memperkenalkan produk yang sesuai dengan kebutuhan dan memperkenalkan bisnis sesuai dengan profile dan sistem perusahaan. Ingat seperti butir ketiga dalam tips ini. Kita berhadapan dengan orang pandai yang tahu kalu kita berbohong dan tidak jujur.

5. Memiliki sistem pelayanan yang dapat diandalkan.
Tips kelima ini tidak berbeda dengan bisnis lainnya, karena tanpa pelayanan yang handal mustahil konsumen akan merasa puas. Ini semacam purna jual dalam berbagai bisnis termasuk relevan dengan bisnis mlm / multi level marketing. Saat bisnis mulai berkembang persiapkan nomer kontak bisnis agar konsumen mudah memesan produk atau sekedar bertanya. persiapkan waktu untuk melayani konsumen membeli produk hingga layanan antar jika memungkinkan.
Persiapkan waktu dan tempat untuk berbagi cerita atau berdiskusi dengan rekan jaringan anda.

Yang jelas, sebuah bisnis membutuhkan sistem pelayanan yang baik dan benar jika ingin berkembang lebih besar dan mendapatkan kepercayaan yang lebih baik. Melalui kegiatan yang mengacu kepada beberapa tips seperti yang saya bahas diatas, bisnis mlm yang dijalankan memiliki kemampuan dalam menjual produk dan memberikan pelayanan kepada pelanggan yang membutuhkan produk. Bahkan di tempat kami juga rutin rekan downline berkumpul untuk melayani konsumen guna berbagi keuntungan penjualan langsung dan kebutuhan poin.

Melalui tips diatas kami dapat berpromosi, menjual, dan berbagi dalam menjalankan bisnis mlm kami. Dan rasanya tidak ada yang salah dengan kerja dan kelebihan finansial yang bisa kami hasilkan dari bisnis mlm. Lalu apakah anda sudah mempromosikan bisnis mlm yang anda lakoni ?, Atau belum memiliki bisnis mlm yang dijalankan ? Mungkin anda bisa memutuskan untuk bergabung bersama bisnis mlm di PT. Gense Indonesia yang memasarkan produk Newgoat yang berkualitas bagus. Info Bisnis mlm PT Gensei bisa dilihat disini.



Semoga tips diatas bisa menjadi inspirasi bagi kita bersama, dan membuat hidup kita lebih baik serta bermanfaat bagi sesama.